Cara Membuat Produk-Produk Kecantikan

Cara membuat lulur beras dan madu:
1. Siapkan 1 gelas beras, gunakan beras organik (tanpa pengawet dan pemutih)
2. Cuci bersih beras lalu rendam dengan air selama semalam
3. Angkat dan tiriskan beras sampai kering
4. Haluskan beras menggunakan alat penumbuk atau menggunakan blender
5. Campur rata beras yang sudah halus dengan 1 sendok makan madu
6. Oleskan lulur secara merata pada kulit tubuh
7. Diamkan lulur hingga mengering
8. Bersihkan tubuh dengan air dingin dan keringkan dengan handuk halus
Bila ingin mengganti beras dengan tepung beras, gunakanlah tepung beras organik yang tanpa pengawet dan pemutih. Gunakan lulur buatan sendiri ini 1 minggu sekali, kulit tubuh akan menjadi putih, bersih dan berseri. Selamat mencoba.

Sabun Mandi Batangan
Alat dan bahan
Bahan-bahan :
200 gr minyak zaitun
200 gr minyak kelapa
100 gr minyak beku (vegetable shortening)
74.84 gr soda api
165 gr air ( kalau bisa gunakan air filter atau air ro, jangan air minum kemasan)
Alat-alat yang dibutuhkan :
timbangan bahan kue, lebih bagus kalau digital supaya lebih akurat.
2 baskom stainless steel atau plastik PP ( plastik no.5 yang tahan panas)
sendok stainless steel
sarung tangan karet tebal
kacamata bening atau pelingdung mata lain, jangan gunakan kontak lens saat membuat sabun ini.
masker atau scarf untuk menutup hidup dan mulut
mixer elektrik
cetakan sabun, bisa gunakan apa saja yang berbahan dasar stainless steel atau plastik PP tahan panas (plastik no.5)
Cara membuat :
1.    Siapkan larutan soda api. Timbang air dan soda api diwadah terpisah. Gunakan tempat stainless steel untuk menaruh air yang suda ditimbang lalu masukan soda api sesendok kedalam air sampai larut, teruskan sampai semua soda api habis larut kedalam air. INGAT, TUANGKAN SODA API KE DALAM AIR JANGAN SEBALIKNYA. Saat soda api dilarutkan dalam air akan timbul gas tipis dan air akan menjadi panas seperti mendidih. Gunakan masker dan sarung tangan karena soda api bila terkena kulit akan menimbulkan luka melepuh. Sebagai tindakan pencegahan bisa juga disiapkan larutan 2 sendok makan cuka dicampur 1 cangkir air lalu semprotkan kebagian kulit yang terkena larutan soda api. Sisihkan dan biarkan dingin hingga mencapai suhu ruangan.
2.    Timbang minyak, tuangkan minyak yg sudah ditimbang ke wadah lain yang lebih besar. Cairkan minyak beku (vegetable shortening) tetapi jangan sampai mendidih lalu campurkan kedalam larutan minyak lain yang sudah ditimbang. Aduk-aduk sampai rata. Sisihkan.
3.    Saat larutan soda api mulai mendingin, baru kita mulai proses pencampuran larutan soda api dan minyak. Usahakan agar suhu larutan soda api dan campuran minyak sama atau paling tidak hanya berbeda 10 derajat celcius. Gunakan baju dengan lengan panjang dan sarung tangan agar kulit kita tidak terkena cipratan larutan soda api. Nyalakan mixer elektrik kekecepatan terendah, aduk-aduk minyak yang sudah dicampur lalu tuangkan larutan soda api kedalam larutan minyak perlahan-lahan.
4.    Setelah semua larutan soda api ditungakan kedalam larutan minyak, naikan kecepatan mixer lalu aduk terus campuran ini sampai ke tahap trace yaitu campuran berubah dari cair ke kental yang konsistensinya seperti adonan mayonaise atau lotion. Untuk adonan ini membutuhkan waktu kira-kira 30-60 menit untuk mencapai tahap trace dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi. Itu menandakan bahwa bahan-bahan semua sudah melalui proses saponifikasi.

Tahap Trace
5.    Pada tahap trace ini bisa kita tambahkan esensial oil sebagai pewangi sabun kita. Saya menambahkan 10-20 tetes esensial oil kenanga ke dalam adonan sabun saya. Aduk lagi adonan sabun ini kira-kira 1-2 menit untuk mencampur esensial oil agar merata.
6.    Tuangkan adonan yang sudah selesai diaduk kedalam cetakan. Saya  menggunakan cetakan roti yang dilapisi plastik tahan panas (plastik PP atau plastik no.5) untuk cetakan saya. Tepuk-tepuk cetakanagar adonan memadat dan rata keseluruh bagian cetakan. Tunggu sampai adonan mengeras, kira-kira semalaman atau 1x24jam sebelum dikeluarkan dari cetakan.

cetakan sabun
7.    Setelah mengeras, keluarkan sabun dari cetakan. Jangan menunggu lebih lama dari 3 hari untuk mengeluarkan sabun dari cetakan karena semakin keras sabunnya maka akan semakin susah dipotong. Potong-potong dengan besar sesuai keinginan Anda lalu taruh ditempat yang terbuka tapi tidak terkena sinar matahari langsung. Saya suka menyimpan sabun yang sudah dipotong-potong dibawah rak yang saya taruh dibawah AC saya karena mempercepat prosescuring sehingga sabun lebih cepat keras. Rata-rata waktu pengerasan sabun saya sampai bisa digunakan untuk mandi adalah 1 bulan, tetapi lebih lama sabun akan lebih keras dan busanya lebih banyak.
Saya lebih suka mandi menggunakan sabun cair dibandingkan dengan mandi menggunakan sabun batangan. kelemahan sabun batangan buatan sendiri ini adalah apabila kita taruh dikamar mandi dan terkena air terus, lama kelamaan sabun ini akan mencair dan larut sehingga tidak awet. Berita baiknya adalah, dari sabun batangan ini saya bisa membuat sabun cair sendiri.  Caranya mudah sekali dan walaupun hasil akhirnya lebih cair daripada sabun cair biasa tetapi jauh lebih lembut dari sabun cair pabrikan.
Alat-alat yang diperlukan:

  • Pengaduk
  • Botol shampo
  • pH unifersal/ pH meter
  • Beaker Glass
  • Gelas Ukur

Bahan-bahan untuk shampo jernih:    

  • Na2CO3 sebanyak 1gr
  • Nipagin sebanyak 5gr
  • Aguadest sebanyak 100ml
  • Emal sebanyak 30gr
  • SLS sebanyak 5gr
  • Parfum dan pewarna secukupnya

Bahan-bahan untuk  shampo keruh:

  • Na2CO3 sebanyak 4.5gr
  • Nipagin sebanyak 6gr
  • Aquadest sebanyak 100ml
  • Texapon EVR sebanyak 30gr
  • SLS sebanyak 5gr
  • Parfum dan pewarna secukupnya

Cara membuat shampo jernih:

  1. Masukkan bahan-bahannya, kemudian campurkan semua bahan (kecuali Emal) hingga menyatu (benar benar homogen)
  2. Siapkan cawan porselen yang berisi Emal Kemudian masukan campuran tadi kedalamnya, lalu aduk hingga semua Emal terlarut atau homogen.
  3. Tambahkan parfum dan pewarna secukupnya apabila semua campuran sudah homogen.
  4. Siapkan kemasan botol shampho lalu masukkan hasil olahan ke dalamnya, jangan lupa untuk memberi tutup yang rapat pada botol.

Cara membuat  shampo keruh:

  1. Masukkan bahan-bahannya, kemudian campurkan semua bahan (kecuali Texapon EVR) hingga benar benar homogen.
  2. Siapkan cawan porselen yang berisi Texapon Kemudian masukan campuran tadi kedalamnya, lalu aduk hingga semua Texapon terlarut atau homogen.
  3. Tambahkan parfum dan pewarna secukupnya setelah semua campuran sudah homogen.
  4. Siapkan kemasan botol shampho lalu masukkan hasil olahan ke dalamnya, jangan lupa untuk memberi tutup yang rapat pada botol.


Komentar

Postingan Populer